12 May 2020, 01:10 WIB

Tiga Daerah di Sumut Diminta Lakukan Gerakan Bersama Lawan Korona


Yoseph Pencawan | Nusantara

GUBERNUR Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengajukan tiga daerah yakni Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deliserdang untuk membangun gerakan bersama dalam penanganan Covid-19.

Hal itu dikemukakannya dalam Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Covid-19 bersama dengan Plt Wali Kota Medan, Wali Kota Binjai dan Bupati Deliserdang di Rumah Dinas Gubernur di Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Senin (11/5).

Gerakan bersama tersebut meliputi operasi pembagian masker, penyediaan tempat-tempat cuci tangan, dan penerapan ketat physical distancing. "Tiga hal ini menjadi fokus utama untuk tiga daerah," ujar Gubernur Edy seusai rapat, Senin (11/5).

Menurutnya, ketiga daerah itu menjadi fokus utama penanganan penyebaran Covid-19 di Sumut saat ini karena ketiganya seperti tidak memiliki batas. Perpindahan masyarakat di ketiga daerah tersebut sangat masif karena jarak di antara ketiganya sangat berdekatan.

Selain itu, ketiga daerah tersebut juga memiliki tingkat penyebaran Covid-19 paling tinggi dari kabupaten/kota lain di Sumut. Hingga Senin (11/5), tercatat pasien PDP yang positif Covid-19 di Medan mencapai 132 orang, PDP 87 orang, sembuh 35 orang dan meninggal dunia 13 orang. Sedangkan di Deliserdang, jumlah pasien positif sebanyak 20 orang, PDP 19 orang dan 4 orang meninggal dunia.

"Dengan mengontrol ketat ketiga daerah ini harapannya tentu jumlah kasus terinfeksi Covid-19 di Sumut bisa ditekan," ujar Gubernur. (R-1)

 

BERITA TERKAIT