11 May 2020, 23:56 WIB

Kurva Covid-19 Ingin Melandai, Mendagri :PSBB Harus Disiplin


Insi Nantika Jelita | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo meminta semua komponen pemerintah, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah propinsi dan kabupaten, unsur swasta dan masyarakat luas untuk melandaikan kurva penularan covid 19.

"Upaya pelandaian kurva tersebut dilakukan lewat berbagai upaya utamanya penerapan protokol PSBB dengan disiplin yang ketat," ujar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (11/5).

Menurutnya, meski penerapan PSBB ketat, namun Presiden mengharapkan sektor ekonomi tidak berhenti karena, bila kegiatan ekonomi berhenti, akan menimbulkan virus lain, yaitu ‘virus PHK" atau pemutusan hubungan kerja.

Baca juga : Yurianto: Proses Pemulangan WNI tidak Dipersulit Tapi Dilindungi

Seperti diketahui meski grafik kasus Covid 19 di Indonesia belum menurun, namun penerapan PSBB telah berhasil menurunkan jumlah angka kasus baru secara signifikan.

"Karenanya upaya melandaikan kurva Covid 19 mendapatkan momentum baik saat ini," kata Tito.

Khusus untuk membantu melandaikan kurva penularan Covid-19 di daerah seluruh Indonesia, Tito Karnavian diminta mendukung penuh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipimpin Letjen Doni Monardo. (OL-7)

BERITA TERKAIT