11 May 2020, 23:35 WIB

Gagal Mudik Gara-gara Ketahuan Menyusup dalam Mobil Anyar Dealer


Solmi | Nusantara

Apes! Empat orang pemudik asal Kota Medan Sumatera Utara terpaksa gigit jari karena gagal mudik ke daerah Lampung. Siasat yang mereka rencanakan gagal.

 

Awalnya mereka berupaya menyelundupkan diri dengan menaiki mobil milik sebuah dealer. Namun, upaya mereka ketahuan oleh petugas Pos Pemeriksaan Mestong, perbatasan Jambi-Sumsel.

"Empat pemudik tersebut ketahuan saat pemeriksaan arus mudik di perbatasan Jambi-Sumsel, Jumat malam lalu," kata Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto, Senin (11/5).

Menurut pengakuan sang sopir, penumpang yang dibawanya dari Medan tersebut satu arah dengan perjalanannya. Karena satu arah, maka sang sopir memberikan tumpangan kepada empat pemudik tersebut agar bisa sampai ke Lampung.

"Ini modus baru yang dilakukan pemudik, yang mana mereka menumpang di mobil pribadi milik salah satu dealer yang akan dikirim ke Lampung," ungkap Ardiyanto.

Baca juga: Anak Melarang Ibunya Mudik Malah Dibacok

Pemeriksaan suhu tubuh dan kesehatan, imbuhnya, dilakukan pada pemudik. "Karena dinyatakan sehat, mereka diminta kembali ke Medan. Lalu, sopir mobil dealer disuruh melanjutkan perjalanannya," lanjut Ardiyanto.

Tidak hanya kendaraan pribadi dan angkutan penumpang saja yang diperiksa, kata Ardiyanto, tapi pihaknya juga memeriksa truk, terutama yang ditutup bak belakangnya agar tidak disusupi pemudik.

"Kita melaksanakan perintah dan harus tegas untuk mendukung percepatan penanganan masalah wabah virus korona," tukas Ardiyanto.

Hingga kini, menurutnya, sudah 200 pengendara disuruh putar balik ke daerah asalnya. "Karena tidak sesuai ketentuan," pungkasnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT