12 May 2020, 01:40 WIB

Rahabi Mandra Syuting Jarak Jauh


MI | Humaniora

DALAM masa pandemi ini, penulis dan sutradara film Rahabi Mandra mencoba formula syuting jarak jauh. Ia mengarahkan para aktor tanpa berada di lokasi pengambilan gambar.

Selama Ramadan ini, Rahabi Mandra menggarap web series berjudul Ustadz Jaga Jarak. Ceritanya tentang Fahmi (Ade Firman Hakim) bersama temannya, Jidan (Dimaz Andrean), yang berceramah melalui medium video konferensi. Web series yang tayang seminggu empat kali itu mengandalkan video konferensi dalam syutingnya.

“Menyutradarai emang susah kalau enggak ketemu. Apalagi, dengan keterbatasan koneksi internet. Strateginya, kami lakukan reading lumayan rajin beberapa hari sebelum syuting. Kita buka platform komunikasi, seperti video konferensi, terus reading saja, semua dialog yang dibutuhkan pemain bisa kuasai. Kalau ada kurang intonasi atau apa, itu dihabisin saat reading. Ketika syuting minimal sudah enggak ada koreksi walau pada faktanya tetap ada koreksi,” ungkap Rahabi saat konferensi pers daring, kemarin.

Dengan format tersebut, peraih Piala Citra untuk penulis skenario adaptasi terbaik FFI 2017 itu menuturkan tidak ada kru yang berada di lokasi syuting. Semua aktor mengatur kamera mereka. Mayoritas dengan ponsel masing-masing. Tata cahaya juga bukan menjadi fokus dalam produksi ini sehingga ada beberapa trik yang diterapkan, umpama aktor diminta mendekati sumber cahaya natural, seperti matahari. Para aktor hanya disediakan perangkat audio tambahan yang dikirimkan ke lokasi masing-masing. (Jek/M-2)

BERITA TERKAIT