11 May 2020, 22:34 WIB

Kebakaran Kapal Tanker di Belawan, Satu Tewas


Yoseph Pencawan | Nusantara

SEBUAH kapal tanker yang sedang jalani pemeliharaan atau docking kebakaran di galangan kapal milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard, Belawan, Kota Medan, Senin (11/5) pagi. Satu orang dinyatakan tewas dalam kejadian itu.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad dalam keterangan resminya, Senin (11/5), mengungkapkan, kapal bernama MT Jag Leela itu terbakar saat sedang menjalani perawatan atau docking di galangan kapal milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard.

"Berjarak kurang lebih dua kilometer dari kantor Distrik Navigasi Kelas I Belawan," kata dia.

Upaya pemadaman telah dilakukan oleh unsur-unsur maritim seperti Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Syahbandar Utama Belawan, PT Pelindo I Belawan, Dinas Pemadam Kebakaran Belawan yang mengerahkan 6 unit mobil pemadam, danPolairud Belawan.

Terdapat tiga kapal yang terlibat dalam kegiatan  pemadaman dari sisi laut. Kapal-kapal tersebut adalah milik Pelindo I dan PT Waruna. Kapal patrol KPLP KN 5205 pun terlibat mengamankan sisi laut dengan jarak sekitar 200 meter dari lokasi.

Sejumlah saksi mata di sekitar lokasi kejadian mengungkapkan sebelum terbakar mereka mendengar suara ledakan.

Baca juga :Pemprov Dorong Pemda Malang Raya Kebut Aturan PSBB

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Dayan menyatakan untuk sementara pihaknya baru dapat memastikan satu orang tewas dalam kejadian tersebut.

"Korban ditemukan di atas kapal dengan kondisi gosong," ujarnya.

Selain itu, sebanyak 22 orang juga mengalami luka-luka akibat kebakaran tersebut. Saat ini mereka dirawat di rumah sakit milik Pelindo dan TNI AL.

Saat ini, pihak kepolisian sudah menurunkan tim Labfor dari Polda Sumut untuk mencari penyebab kebakaran.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I Roby Hervindo memastikan kapal tanker yang mengalami insiden bukan milik maupun charteran Pertamina.

"Operasional BBM Pertamina juga Alhamdulillah tidak terkendala," ujarnya.(OL-2)

 

BERITA TERKAIT