11 May 2020, 21:42 WIB

Jepang Siap Uji Klinis Vaksin Covid-19 Juli


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PERDANA Menteri Shinzo Abe mengatakan, Senin (11/5), Jepang berharap sudah bisa memulai uji klinis untuk vaksin virus korona baru (covid-19) pada Juli.

Berbicara kepada komite anggaran di parlemen, Abe mengungkapkan pekerjaan menciptakan vaksin sedang dilakukan di beberapa lembaga, termasuk Universitas Tokyo, Universitas Osaka, dan Institut Nasional Penyakit Infeksi.

"Saya berharap program vaksinasi dapat dimulai secepat mungkin dengan menghimpun kebijaksanaan dunia," lapor penyiar publik Jepang NHK.

Jepang dalam status keadaan darurat negara sejak bulan lalu untuk meningkatkan perjuangan melawan infeksi covid-19 yang mematikan.

Baca juga :372 WNI di Luar Negeri Sembuh dari Covid-19

Abe menambahkan pemerintahnya bermaksud untuk menyetujui obat antiflu Avigan untuk mengobati covid-19 pada akhir bulan ini.

Pada awal Maret, Avigan menerima pujian dari Pusat Nasional Pengembangan Bioteknologi Tiongkok yang mengatakan obat yang diproduksi oleh Fujifilm Holdings Jepang itu telah efektif melawan covid-19, yang langsung meningkatkan saham perusahaan lebih dari 15% pada hari itu.

Pekan lalu, pemerintah Abe menyetujui obat antivirus lain--remdesivir, yang semula dikembangkan sebagai pengobatan untuk Ebola--untuk digunakan melawan covid-19, sehingga menjadikannya obat resmi pertama di negara itu untuk mengobati penyakit virus korona.

Itu adalah salah satu langkah tercepat melawan covid-19 yang diambil Jepang hanya tiga hari setelah Gilead Sciences Inc. mengajukan permohonan untuk persetujuan. (AA/OL-2)

 

BERITA TERKAIT