11 May 2020, 20:25 WIB

Mengisolasi Mandiri 15 Tenaga Medis Terdeteksi OTG Covid-19


Depi Gunawan | Humaniora

SEBANYAK 15 orang tenaga medis di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dinyatakan reaktif Covid-19. Mereka tidak sampai dirawat di rumah sakit, tetapi hanya melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Bandung Barat, Nanang Ismantoro menerangkan, ke-15 orang tenaga medis itu bertugas di RSUD dan Puskesmas.

"Mereka berstatus OTG (orang tanpa gejala), dengan demikian mereka hanya diwajibkan isolasi mandiri," kata Nanang, Senin (11/5).

Setelah rapid test terhadap 15 tenaga medis menunjukkan hasil reaktif, mereka kemudian diarahkan untuk tes swab. Nanang menyebut, saat ini pihaknya masih menunggu hasil tes swab menggunakan PCR.

"Mudah-mudahan minggu ini keluar dan hasilnya negatif semua," tuturnya.

Apabila hasil tes swab ternyata menunjukkan positif Covid-19, Dinkes bakal menutup sementara RSUD serta Puskesmas tempat para medis tersebut bertugas.

Di wilayah Bandung Barat terdapat tiga RSUD yakni RSUD Cililin, Lembang dan Cikalongwetan dengan jumlah 126 dokter umum dan 432 perawat. Sedangkan tenaga medis Puskesmas mencapai 81 dokter umum dan 245 perawat. (OL-13)

Baca Juga: 372 WNI di Luar Negeri Sembuh dari Covid-19

BERITA TERKAIT