11 May 2020, 20:00 WIB

Singapura Laporkan 876 Kasus Baru Covid-19


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

Singapura melaporkan 876 kasus baru covid-19 pada Minggu (10/5). Penambahan ini membuat total kasus covid-19 di Singapura menjadi 23.336.

Sebanyak 425 orang telah dipulangkan dari rumah sakit atau fasilitas isolasi masyarakat. Jadi, jumlah total kesembuhan menjadi 2.721.

Dari 876 kasus baru, sebanyak 860 kasus menjangkiti pemegang izin kerja yang tinggal di asrama pekerja asing, kata Kementerian Kesehatan (MOH) dalam pembaruan hariannya. Sementara 11 kasus lainnya adalah pemegang izin kerja yang tinggal di luar asrama.

"Dari hasil tes pada pekerja, mereka memiliki gejala infeksi pernapasan akut dan kontak mereka masih stabil," kata MOH Singapura.

Baca juga: Inggris Kendorkan Lockdown Mulai Rabu

Namun, menurut MOH Singapura, peningkatan jumlah kasus harian terus meningkat karena pihaknya juga melakukan tes covid-19 pada pekerja yang sehat dan yang tanpa gejala. "Ini sebagai bagian dari proses kami untuk memverifikasi dan menguji status setiap pekerja," jelasnya.

MOH Singapura telah memulai pengujian intensif di asrama yang dibangun khusus. "Dan sekarang, kami melakukannya di asrama yang dikonversi menjadi pabrik," lanjutnya.

Tercatat juga ada empat kasus covid-19 di masyarakat. Dua kasus adalah warga Singapura atau penduduk tetap, sementara dua lainnya adalah pemegang izin kerja.

Pada Sabtu lalu, Kementerian Tenaga Kerja menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan agar bisa beroperasi lagi. Aturan itu termasuk menerapkan sistem tindakan manajemen yang aman di tempat kerja, mengurangi interaksi fisik, dan memastikan jarak yang aman di tempat kerja. (CNA/OL-14)

 

BERITA TERKAIT