11 May 2020, 16:12 WIB

Vietnam Longgarkan Lockdown, Sekolah Kembali Dibuka


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

OTORITAS Vietnam mengukur suhu anak-anak di gerbang taman kanak-kanak, ketika kegiatan belajar mengajar kembali dibuka pada Senin (11/5) ini.

Vietnam memberlakukan lockdown selama sebulan untuk menekan penyebaran covid-19. Pemerintah Vietnam membuka kembali kegiatan sekolah secara parsial sejak minggu lalu.

Negara di kawasan Asia Tenggara itu masuk dalam daftar negara yang berhasil mengendalikan penyebaran virus korona. Kasus covid-19 di Vietnam tercatat 288 orang dan tidak ada kasus kematian.

Baca juga: Sukses Kendalikan Wabah, Begini Cara Vietnam Hadapi Covid-19

Dalam satu bulan terakhir, tidak ada kemunculan kasus covid-19 di Vietnam. Kondisi itu menempatkan Vietnam pada jalur untuk membuka kembali kegiatan publik lebih cepat, dibandingkan banyak negara di kawasan.

“Para guru memberi tahu kami untuk menggunakan pembersih tangan dan tidak saling menyentuh di sekolah,” ujar seorang siswa kelas lima SD di Hanoi, Vu Tuan Phong.

Dia dan teman-teman sekolahnya pulang pada tengah hari. Mengingat, sebagian besar sekolah menjalankan kegiatan yang lebih singkat dari sebelum pandemi.

Baca juga: Angka Pasien Covid-19 Malaysia Mengalami Penurunan

Pembukaan kembali sekolah adalah langkah terbaru Vietnam dalam melonggarkan lockdown. Namun, penerbangan komersial internasional, kegiatan klub dansa dan bar karaoke tetap dilarang.

Sebelumnya, kegiatan sekolah menengah telah lebih dahulu dibuka kembali pekan lalu. "Risiko covid-19 (di Vietnam) rendah sekarang, dan itu hal yang baik. Tapi kita harus tetap waspada," pungkas Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc.(Malaymail/OL-11)

 

BERITA TERKAIT