11 May 2020, 16:05 WIB

Ronaldo Ungkap Lima Pemain yang Pantas Raih Ballon d'Or


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Ronaldo Nazario mengungkapkan lima pemain yang pantas menerima Ballon d'Or. Hal itu ia sampaikan saat berbincang bersama legenda Italia Alessandro Del Piero melalui live instagram beberapa hari lalu.

Lima pemain ini memang belum mendapat gelar individu paling prestisius. Namun, ia menilai dengan pencapaian yang mereka raih bersama klub dan negara, tak adil jika tak diganjar Ballon d'Or.

"(Alessandro) Del Piero, (Francesco) Totti, (Paolo) Maldini, Raul Gonzalez, dan kupikir Roberto Carlos juga layak karena dia dua kali di bawah saya dalam perhitungan voting," kata Ronaldo, dikutip dari Marca.

Pertama, Ronaldo menyebut nama Del Piero. Semasa kariernya, Del Piero meraih gelar bergengsi seperti Liga Champions 1995/1996 dan Piala Dunia 2006. Del Piero berkontribusi besar saat membawa Italia ke partai final setelah golnya melawan Jerman di babak semifinal. Pada tahun itu, rekan setimnya, Fabio Cannavaro yang meraih Ballon d'Or.

Lalu, Ronaldo memilih Francesco Totti. Legenda AS Roma itu juga termasuk dalam skuad Italia saat juara Piala Dunia 2006. Totti merupakan playmaker berkelas dan bisa mencetak gol. Ia menjadi top skor Serie A musim 2006/2007. Namun, itu tak cukup, karena saat itu Ricardo Kaka meraih Ballon d'Or setelah membawa AC Milan juara Liga Champions.

Baca juga: Herrera Tepis Rumor Neymar dan Mbappe Akan Hengkang

Selanjutnya, ada bek tangguh Paolo Maldini. Maldini meraih 5 kali Liga Champions dan 7 gelar Serie A bersama Milan. Namun, pencapaian itu tak membuatnya meraih Ballon d'Or. Pencapaian Maldini, yakni berada di urutan ketiga sebanyak dua kali, edisi 1994 dan 2003.

Kemudian, Ronaldo menyebut nama Raul Gonzales. Rekan timnya saat memperkuat Real Madrid itu dirasa layak merengkuh Ballon d'Or. Raul meraih tiga gelar Liga Champions dan dua kali top skor La Liga. Namun, Raul berada di urutan kedua pada edisi 2001, kalah dari Michael Owen.

Terakhir, Roberto Carlos. Menurutnya, pemain asal Brasil yang memiliki tendangan geledek itu merupakan pemain sederet tropi bergengsi, yakni juara Piala Dunia 2002, 3 kali Liga Champions dan 4 gelar La Liga.

Namun, saat membawa Brasil juara Piala Dunia 2002, Roberto Carlos berada di urutan kedua, kalah dari Ronaldo yang menggila di turnamen tersebut dengan 8 gol termasuk 2 gol di final saat mengalahkan Jerman. (marca/OL-14)

BERITA TERKAIT