11 May 2020, 14:57 WIB

Komponen Tabungan Tumbuh Tinggi di Tengah Pandemi Covid-19


Despian Nurhidayat | Ekonomi

KETUA Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah menyampaikan bahwa pertumbuhan komponen tabungan tercatat masih cukup tinggi di tengah pandemi covid-19. Pertumbuhannya tercatat sebesar 10,2% di tengah pandemi covid-19.

"Dapat dicatat yang masih tetap tumbuh tinggi ternyata komponen tabungan yang tumbuh 10,2% dibandingkan dengan bulan Maret lalu yakni 9,5% maupun pada bulan April 8,9%," ungkap Halim dalam video conference KSSK, Senin (11/5).

Halim menambahkan untuk rekening giro terdapat sedikit penurunan sebesar 9,77% pada April lalu. Hal tersebut kemungkinan besar terjadi akibat adanya pembayaran bunga utang dan pokok maupun pembayaran dividen perusahaan-perusahaan.

"Di samping adanya kemungkinan pembayaran pajak yang memang agak mundur yang diberikan keringanan oleh pemerintah," sambungnya.

Sementara itu, untuk pergerakan suku bunga masih menunjukkan penurunan, menurutnya hal ini dipengaruhi oleh penurunan suku bunga oleh Bank Indonesia serta langkah-langkah pelonggaran likuiditas oleh Bank Indonesia yang dilakukan beberapa waktu lalu.

LPS juga mencatat bahwa pada akhir triwulan I 2020 deposito rupiah rata-rata turun 20 basis poin menjadi 5,5% dan LPS memantau kondisi ini terus turun selama April hingga awal Mei.

"Sementara hal yang sama juga terlihat pada suku bunga valuta asing yang juga menurun mencapai sekitar sekarang nilai angkanya 1,01% selama tahun 2020 seperti diketahui telah menurunkan 50 basis poin sekarang menjadi 5,7%," pungkas Halim. (E-3)

BERITA TERKAIT