11 May 2020, 14:35 WIB

Pemkab Sikka Wajibkan Surat Covid-19 untuk Berpergian


Gabriel Langga | Nusantara

BAGI pelaku perjalanan di Kabupaten Sikka yang ingin berpergian ke luar daerah menggunakan transportasi laut, darat dan udara wajib mengantongi surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Satgas) Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Mereka yang tidak mengantongi surat tersebut dilarang untuk bepergian ke luar daerah.

Demikian disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Sikka, Petrus Herlemus kepada Media Indonesia, Senin (11/5). Surat keterangan sehat ini dikeluarkan, apabila pelaku perjalanan ingin berpergian ke luar daerah karena ada urusan mendesak seperti keluarga sakit keras bahkan meninggal.

"Kita tidak serta merta kasih keluarkan surat tersebut. Pelaku perjalanan yang berpergian harus menjalani serangkaian tes kesehatan. Setelah dinyatakan sehat, kita akan berikan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh Satgas Covid-19 Sikka. Jadi tidak mengantongi surat dari kita, mereka tidak bisa keluar daerah," tegas Petrus Herlemus.

Petrus Herlemus mengaku, sebelumnya, ia sudah mengeluarkan surat keterangan sehat bagi pelaku perjalanan yang bepergian ke luar daerah sejak Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi membuka kembali izin transportasi yang mengangkut penumpang ke luar daerah.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka, Verdinando Lepe menambahkan, sebelum tim covid-19 mengeluarkan surat keterangan sehat bagi pelaku perjalanan yang ingin keluar daerah, mereka terlebih dahulu harus mengantongi surat keterangan jalan dari Dinas Perhubungan Sikka.

"Pelaku perjalanan harus mengantongi surat jalan dari kita. Selanjutnya, mereka urus lagi di Satgas Covid-19 untuk memperoleh surat keterangan sehat. Mereka bisa keluar daerah atau tidak tergantung surat yang dikeluarkan oleh tim kesehatan Covid-19. Tentunya, pelaku perjalanan dinyatakan tidak sehat, tak bisa keluar daerah," ucap Verdinando Lepe.

Selain itu, katanya, surat keterangan jalan ini juga diberlakukan seluruh armada angkutan darat khusus logistik (jalan darat) yang melintas di jalan Flores.

Menurut dia, surat keterangan jalan yang dikeluarkan untuk memberikan perlindungan kepada pelaku perjalanan dari Kabupaten Sikka ke daerah lain terutama bagi pengusaha angkutan darat logistik dan pengusaha usaha UMKM.

Dirinya juga menyampaikan, bagi kendaraan yang masuk di wilayah Kabupaten Sikka wajib menggunakan masker. " Anggota kita ada jaga di setiap perbatasan. Sebelum mereka masuk, semua mobil wajib disemprot menggunakan desinfektan dan pengecekan suhu tubuh. Bagi mereka yang tidak menggunakan masker tidak diizinkan masuk di wilayah Kabupaten Sikka," tandasnya, (OL-13)

BERITA TERKAIT