11 May 2020, 14:17 WIB

Kapal AL Iran Tenggelam Tertembak Rekan Sendiri


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

SEBUAH kapal Angkatan Laut Iran tenggelam terhantam peluru yang tidak sengaja ditembakkan dari rekan mereka dari kapal fregat di Teluk Oman, Minggu (10/5). Insiden itu telah menewaskan puluhan pelaut, kata laporan tidak resmi.

Wartawan lokal mengatakan, fregat Jamaran sedang menguji coba rudal antikapal baru yang kemudian mengenai Konarak, sebuah kapal logistik.

Kantor berita semi resmi Iran, Fars, mengatakan satu pelaut tewas dan beberapa lainnya terluka dalam ‘latihan angkatan laut’ itu.

Media menggambarkan insiden pada Minggu di dekat Selat Hormuz sebagai ‘kecelakaan’ atau ketidaksengajaan.

Menurut laporan tidak resmi, Jamaran--dioperasikan oleh Garda Pengawal Revolusi Iran (IRGC)--menembakkan rudal sebelum waktunya dan sebelum Konarak punya waktu berlayar jauh dari target mengambang.

“Konarak tengah membantu menetapkan target untuk kapal perang ketika terkena misil,” kata TV pemerintah, menewaskan seorang pelaut dan melukai sejumlah lainnya.

Baca juga :Kampoeng Indonesia di Philadelphia Gelar Baksos Pandemi Covid-19

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan gambar yang dikatakan sebagai pelaut yang terluka dievakuasi ke ambulans.

Sebelumnya pada Januari lalu, IRGC secara keliru menembak jatuh sebuah pesawat penumpang Ukraina di dekat ibu kota Iran, Teheran, menewaskan semua 176 orang di dalamnya.

Insiden itu terjadi pada saat ketegangan meningkat dengan Amerika Serikat. Tidak lama sebelumnya, Iran telah meluncurkan serangan rudal ke pangkalan Irak yang menampung pasukan AS setelah serangan pesawat nirawak AS menewaskan komandan IRGC Qasem Soleimani di ibu kota Irak, Baghdad.

Ketegangan antatr dua seteru bebuyutan terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir. AS menuduh Iran ‘mengganggu’ kapal-kapal angkatan lautnya di Teluk Persia.

Iran mengatakan telah meningkatkan patroli di Teluk setelah Angkatan Laut AS memblokade jalur kapal Iran. (BBC/The Guardian/OL-2)

 

BERITA TERKAIT