11 May 2020, 14:14 WIB

Seorang Pekerja di Ghana Tularkan Covid-19 ke 533 Orang


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PRESIDEN Ghana, Nana Akufo-Addo, mengungkapkan seorang pekerja di sebuah pabrik pengolahan ikan wilayah Atlantik, Tema, menularkan covid-19 terhadap 533 pekerja lain.

Otoritas kesehatan Ghana melaporkan wabah di fasilitas industri terjadi pada Jumat malam. Namun enggan memberikan rincian lebih lanjut.

Baca juga: WHO Peringatkan Penyebaran Covid-19 di Wilayah Pedesaan Afrika

"Semua 533 orang terinfeksi oleh satu orang," kata Akufo-Addo. Dia pun tidak menjelaskan bagaimana virus korona bisa menyebar di fasilitas tersebut. Atau, apakah petugas sudah melakukan tindakan pengamanan.

Lebih lanjut, dia mengatakan kemunculan 533 kasus positif, telah meningkatkan total kasus covid-19 di Ghana. Sejak laporan pertama pada pertengahan Maret, jumlah kasus covid-19 di negara itu mencapai 4.700 orang. Kasus infeksi tertinggi di kawasan Afrika Barat.

Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Afsel Tingkatkan Pengujian

Presiden mengatakan 22 dinyatakan meninggal akibat covid-19. Sementara itu, 494 pasien covid-19 berhasil pulih. Dengan 160.501 tes covid-19, Akufo-Addo mengatakan pemerintah berupaya memperluas tes dibandingkan negara lain di Afrika.

Dia pun mengumumkan perpanjangan larangan pertemuan publik hingga akhir Mei. Sekolah dan universitas juga masih ditutup. Akufo-Addo melonggarkan lockdown di dua kota utama Ghana, yakni Accra dan Kumasi, pada 19 April di tengah kekhawatiran ekonomi domestik.(CNA/OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT