11 May 2020, 13:07 WIB

Puluhan Hektar Tanaman Padi di Pidie Diserang Hama


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

PULUHAN hektare (ha) lahan sawah di kawasan Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, diserang hama ulat penggerek batang. Akibatnya pertumbuhan tanaman padi yang baru berumur 10 hari hingga 30 hari terganggu. Lokasi yang terserang hama ulat penggerek batang itu di antaranya di Kecamatan Mutiara, Mutiara Timur, Peukan Baro dan Kecamatan Indrajaya. Hama ulat itu awalnya menyerang bagian daun padi masih muda. Kemudian menggerek bagian batang atas hingga turun ke bawah.

"Dua hari saja tidak bisa dicegah, satu petak lahan sawah ukuran 250 meter habis digasak hama ulat penggerek itu" tutur Abdullah, petani di Kecamatan Mutiara, Senin (11/5).

Di Kemukiman Busu, Kecamatan Mutiara, misalnya hama ulat penggerek itu sudah menyerang lahan sawah petani sejak dua pekan lalu. Saat itu tanaman padi mereka baru berumur berkisar 5 hari hingga 10 hari. Untuk mengatasi serangan tidak lebih parah, petani berusaha melakukan penyemprotan racun pestisida. Namun karena serangan sangat parah, ada diantaranya gagal terselamatkan 

baca juga: Dampak Covid-19 Penerimaan APBD Kabupaten Sorong Terganggu

"Kalau tidak sempat dicegah, bisa terancam poso. Kami melakukan penanaman lagi," kata Muhammad, tokoh masyarakat di Kecamatan Mutiara. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT