11 May 2020, 12:02 WIB

Dapur Umum di Muba Diperpanjang 90 Hari ke Depan


Dwi Apriani | Nusantara

PANDEMI virus korona baru atau Covid-19 di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang dikhawatirkan akan terus meluas, membuat Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin memperpanjang masa operasional dapur umum. Bupati Muba, Dodi Reza Alex langsung menginstruksikan untuk memperpanjang kebaradaan dapur umum untuk 90 hari ke depan.

"Arahan pak Bupati Dodi Reza agar keberadaan dapur umum diperpanjang untuk menyediakan makan dan minum warga terdampak Covid-19 setiap hari," kata Plt Kadinsos Muba, Ahmad Nasuhi, Senin (11/5).

Keberadaan dapur umum yang terletak di kantor Dinsos Muba tersebut, dinas sosial melakukan swa kelola penyimpanan bahan. Sementara untuk masak dan pengemasan dilakukan bersama ibu-ibu Bhayangkari Polres Muba. Keberadaan dapur umum tersebut akan memfasilitasi makan dan minum warga untuk dua kali dalam satu hari, yakni menjelang buka puasa dan sahur.

"Pendistribusian dibagi dua  menjelang berbuka dan sahur, ini akan dilakukan oleh jajaran Polres Muba," bebernya.

Ia menambahkan, setiap hari di dapur umum tersebut menyediakan 500 kotak nasi yang akan dibagikan ke warga terdampak Covid-19. 

"Sasarannya pekerja non formal yang terdampak, ini untuk meringankan beban hidup mereka sehari-hari," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex mengaku merasa perlu untuk memperpanjang masa keberadaan dapur umum. 

"Pandemi masih terjadi, tentu kita harus terus memfasilitasi kebutuhan hidup warga Muba yang terdampak," ucapnya.

baca juga: Norojono Cegah Penyebaran Covid-19 di Sejumlah Pasar di Jateng

Dodi mengajak, agar warga Muba untuk terus menjaga kebersihan diri dan melengkapi diri dengan APD saat berada di luar ruangan. 

"Hindari kerumunan,tetap jaga jarak minimal 1 meter jika keluar rumah wajib bermasker. Nasi kotak nantinya akan dibagi satu persatu agar tidak menimbulkan kerumunan. Terus jaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari penularan covid-19," pungkasnya.(OL-3)


 

BERITA TERKAIT