11 May 2020, 10:09 WIB

Nelayan di Palu Dapat Bantuan Sembako Tanpa Birokrasi


Mitha Meinansi | Nusantara

PERHIMPUNAN Indonesia Tionghoa (INTI) Sulawesi Tengah bersama Lions Club Maleo melakukan gerakan sosial membagikan masker dan ratusan paket sembako untuk para nelayan di tepi Teluk Palu, yang biasa menjadi tempat peristirahatan para nelayan. Pembagian sembako dan masker dilaksanakan Minggu (10/5) dan disambut antusias oleh para nelayan. 

Menurut  Idris, ketua bidang ekonomi Himpunan Nelayan Sulawesi Tengah, para nelayan tidak melihat dan menilai besar kecilnya bantuan yang diberikan, tetapi ditujukan langsung kepada masyarakat tanpa prosedur bertele-tele, menjadi suatu hal yang menggembirakan ditengah situasi sulit saat ini.

"Sebenarnya itu kami tidak ingin menilai berapa jumlahnya, yang penting langsung ke masyarakat nelayannya itu. Mereka sekarang sangat membutuhkan," ujar Idris.

Para nelayan yang mendapat bantuan berharap pemerintah bisa memberikan solusi terhadap nasib nelayan akibat pandemi covid-19.

"Kami dari himpunan nelayan sangat bersyukur atas bantuan langsung kepada masyarakat. Ini yang masyarakat nelayan butuhkan sebenarnya, yang langsung ke lapangan. Tidak melalui birokrasi, kelurahan atau apa, tidak pakai kumpul KTP. Artinya kalau memang mau membantu, turun langsung ke  lapangan," ujar seorang nelayan. 

Hingga saat ini para nelayan masih tinggal di hunian sementara pascagempa, tsunami dan likuifaksi di Palu pada 2018. Mereka tidak tahu sampai kapan mereka akan tinggal di hunian sementara. Apalagi bekas rumah mereka kini masuk zona merah bencana. 

baca juga: Dampak Covid-19, Penjual Daging Sapi di Klaten Tiarap

Ratusan paket sembako berisi beras, gula, minyak goreng, dan garam untuk para nelayan di sekitar teluk Palu, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, dan diberikan secara oleh Ketua INTI Sulteng, Rudy Wijaya dan Presiden Lions Club Palu Maleo Linawati Mulialim. Pembagian bantuan sengaja dilakukan simbolis agar tidak ada kerumunan warga dalam jumlah besar. (OL-3)

BERITA TERKAIT