11 May 2020, 07:21 WIB

39 TKA Asal Tiongkok Sempat Ditahan di Bandara Ternate


Hijrah Ibrahim | Nusantara

OTORITAS Bandara Sultan Baabullah Ternate, Maluku Utara menahan 39 Orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang bekerja di perusahan Nikel PT IWIP. Para pekerja asing itu ditahan karena tidak memiliki dokumen kesehatan saat hendak TKA yang ditahan itu karena tidk memiliki dokumen kesehatan saat hendak terbang ke Manado, Minggu (10/5).

Puluhan TKA itu pun diminta melengkapi dokumen kesehatan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan rapid test di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Ternate.

Kepala Bandara Sultan Babullah Ternate, Anwar Hamid membenarkan para tenaga kerja dari Tiongkok ini tidak mengantongi dokumen kesehatan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara.

"Mengacu pada surat edaran no 4 tahun 2020, dan surata edaran nomor 32 tahun 2020 tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan corona virus atau covid-19, sehingga kami menahan 39 TKA tersebut," kata Anwar.

baca juga: Pertambangan Timah di Babel Sumbang Pengangguran Tertinggi

Para TKA ini tertahan selama enam jam di Bandara Ternate dan baru diperbolehkan terbang ke Manado, Sulawesi Utara setelah hasil pemeriksaan rapid test dinyatakan non reaktif. (OL-3)

BERITA TERKAIT