11 May 2020, 07:30 WIB

La Liga Berharap Bisa Kembali Bergulir Pertengahan Juni


Widhoroso | Sepak Bola

PRESIDEN La Liga Spanyol Javier Tebas berharap lanjutan kompetisi, La Liga Santander dan La Liga Smartbank, yang terhenti sejak Maret lalu akibat pendemi virus korona bisa digelar pada 12 Juni mendatang. Namun, hal itu tergantung otoritas di Spanyol.
    
"Saya menginginkannya musim dimulai lagi pada 12 Juni. Pada akhirnya itu akan menjadi tanggung jawab otoritas kesehatan. Mereka menjelaskan apa yang bisa dilakukan. Kita tidak terburu-buru, kita bukan orang yang menentukan fase," ujar Tebas, Minggu (10/5).
 
Tebas menyatakan hal itu beberapa jam setelah lima pemain dari dua liga teratas Spanyol dinyatakan positif terkena virus corona. Tebas kemudian mengkonfirmasi bahwa tiga staf yang tidak bermain juga dinyatakan positif.

Meskipun ada pemain dabn staf yang dinyatakan positif Covid-19, Tebas bersikeras Spanyol berada di jalur yang benar untuk memulai kembali olahraga dengan cepat. Ia menilai, kasus positif yang ada jauh di bawah perkiraan

"Tadinya kami perkirakan akan ada 25 atau 30 yang positif sesuai dengan angka yang terlihat di Bundesliga dan potensi virus di Spanyol," ejlasnya

Tebas menambahkan bahwa ketika kompetisi dimulai kembali, pemain akan diuji 24 jam sebelum pertandingan. "Jika semuanya dilakukan sebagaimana mestinya, seharusnya tidak ada infeksi," katanya.

Menghentikan dua kompetisi sepak bola tertinggi sama sekali tidak masuk dalam opsi yang akan diambil. Mengakhiri musim kompetisi dua liga tersebut akan beresiko mendatangkan kerugian hingga 1 miliar euro. (AFP/R-1)

 

BERITA TERKAIT