11 May 2020, 06:15 WIB

Stok Vaksin Anak Dijamin Aman


Ata/H-1 | Humaniora

KEMENTERIAN Kesehatan menjamin stok vaksin imunisasi anak tetap terjaga dalam kondisi pandemi covid-19. Pelaksanaan vaksinisasi juga tetap berjalan sesuai protokol kesehatan.

“Stok vaksin rutin secara umum aman. Hanya, ketersediaan beberapa vaksin baru, seperti IPV, PCV, HPV, dan JE masih berproses pengadaannya,” kata Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen P2P Kemenkes, Vensya Sitohang kepada Media Indonesia, kemariWn.

Vensya menjelaskan dengan upaya Kemenkes yang tetap menjaga stok vaksin bagi anak, imunisasi bisa terus dilakukan selama masa pandemi covid-19. “Pelayanan imunisasi tetap dijalankan dengan memperhatikan prinsip pencegahan penularan covid-19,” tuturnya.

Vensya juga memastikan banyak daerah yang tetap menjalankan program imunisasi. Adapun protokol pelaksana­annya, diatur dalam Surat Menteri Kesehatan Nomor SR.02.01/Menkes/213/2020 tanggal 26 Maret 2020 tentang Pekan Imunisasi Dunia dan Surat Edaran Dirjen P2P Nomor SR.02.06/4/ 1332 /2020 Pelayanan Imunisasi pada Anak selama Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019.

“Pemerintah sudah mengeluarkan arahan agar semua sarana layanaan imuniasi tetap berjalan. Berdasarkan survei sederhana yang kami lakukan, 92% masih bersedia menyediakan layanan imunisasi di daerah. Kemudian, ini sangat meyakinkan untuk berharap bahwa pelayanan imunisasi berjalan pada pandemi covid-19,” tuturnya.

Secara terpisah, Sekretaris Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia Soedjatmiko mengungkapkan stok vaksin tetap aman di lapangan. Ia menegaskan bahwa imunisasi harus tetap dilengkapi sesuai jadwal meskipun dalam kondisi pandemi.

“Harus dilengkapi sesuai jadwal atau rekomendasi. Kalau banyak bayi balita yang tertunda dan tidak lengkap, sesudah pandemi covid-19 itu bisa KLB yang menyebabkan sakit berat dan cacat pada anak,” tandasnya. (Ata/H-1)

BERITA TERKAIT