10 May 2020, 22:11 WIB

Bantuan DKI tak Kunjung Tiba, Ganjar Proaktif Bantu Perantau


Haryanto | Nusantara

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo memutuskan mengirim bantuan bagi warganya yang sedang merantau di Ibu Kota. Langkah itu ia ambil lantaran bantuan yang pernah dijanjikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bagi para perantau tidak kunjung datang.  

"Ini sekarang kami sedang menyiapkan dengan PT POS. Mudah-mudahan tidak lama segera kelar. Tinggal hitungan teknis dan pembiayaannya (biaya pengiriman)," kata Ganjar ditemui di rumah dinasnya, Minggu (10/5).

Baca juga: Sesumbar ke Media Asing, Anies Dituding Mainkan Politik Pinokio

Ganjar menerangkan, anggaran untuk bantuan warga Jawa Tengah yang ada di Jakarta dan Bodetabek sudah disiapkan. Mekanisme penyaluran bantuan juga sudah dibicarakan. "Saya minta cepat, mudah-mudahan minggu depan sudah bisa dikirim ke sana," tegasnya.

Bantuan yang akan dikirim itu lanjut Ganjar nantinya berupa sembako. Terkait jumlahnya, saat ini telah terdaftar 60 ribu orang. Setelah diverifikasi menjadi 26 ribu orang. Pengurangan sebanyak itu karena ada warga yang sudah pulang kampung.

Baca juga:Gubernur Edy Mohon kepada Tuhan agar Sumut Bebas dari Covid-19

"Hasil verifikasi kami terakhir sekitar 26 ribu dari sekitar 60 ribu lebih data yang masuk ke kami. Namun kami minta ini tidak ditutup dulu datanya karena masih banyak yang ingin menyumbang," jelasnya.

Beberapa instansi maupun komunitas dan lembaga, lanjut Ganjar, sudah terlebih dahulu memberikan bantuan. Dirinya mendapat laporan dari Bupati Kebumen, ada salah satu desa bernama Winong yang sudah mengirimkan bantuan ke Jakarta. (HT/A-3)

BERITA TERKAIT