10 May 2020, 17:32 WIB

Tiga Yayasan Luncurkan Program Beasiswa Pasca Pandemi untuk Anak


mediaindonesia.com | Humaniora

Surya Edukasi Bangsa Foundation (SEBAF) bersama Indonesia Scholarship Center (ISC) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) resmi meluncurkan Program Beasiswa Pasca Pandemi. Sebuah program kolaborasi penggalangan dana terbuka yang ditujukan untuk pendidikan anak negeri yang terdampak pandemi Covid-19.

Melihat kondisi pandemi saat ini, tercatat sejak Covid-19 masuk ke Indonesia hingga 4 Mei 2020 angka kematian korban mencapai 864 dengan kasus positif yang terus meningkat juga angka masyarakat yang kehilangan pekerjaan mencapai 1,7 juta.

Salah satu yang akan berdampak pada pendidikan, yakni orang tua yang kehilangan pekerjaan atau kurangnya penghasilan harian karena pandemi sehingga dapat menyebabkan kesulitan dalam membiayai pendidikan putra dan putri.

Karena itu, SEBAF yang lahir dari keluarga besar Media Group yang berfokus pada pendidikan di Indonesia bersama Baznas dan Indonesia Scholarship Center berkolaborasi bersama-sama dalam menjalankan Program Beasiswa Pasca Pandemi.

Sebagai bentuk solidaritas untuk anak negeri agar dapat terus melanjutkan pendidikannya ditengah dampak pandemi yang terjadi. Beasiswa Pasca Pandemi tahap pertama ini akan dibuka mulai 8 Mei 2020 sampai dengan 18 Juli 2020 dan penyerahan beasiswa
akan dilaksanakan pada bulan Juli dan Agustus 2020.

Beasiswa Pasca Pandemi pertama ini akan diutamakan untuk kawasan dengan dampak pandemi tertinggi di Indonesia, yaitu Jabodetabek. Penerima manfaat dari Beasiswa Pasca Pandemi akan diprioristaskan untuk  anak dari Tenaga Medis yang meninggal dunia karena Covid-19, anak dari Orang tua yang meninggal dunia karena Covid-19  yang dikhususkan untuk keluarga yang
kurang mampu.

Selain itu, untuk anak dari Orang tua yang berdampak ekonominya karena pandemi Covid-19, berdomisili di daerah Jabodetabek dan dikhususkan untuk orang tua dalam kategori tidak mampu yang bekerja sebagai guru honorer, tukang ojek/ojek online, tukang becak,
tukang parkir, dan pekerjaan buruh harian lainnya.

Penerima manfaat beasiswa juga dikategorikan sebagai berikut siswa dan siswi SMP kelas IX yang akan melanjutkan ke SMA/K, siswa dan siswi SMA/K kelas XII yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, dan mahasiswa dan mahasiswi aktif di perguruan tinggi negeri atau swasta dengan IPK Minimal 3.00.

Untuk dapat menerima beasiswa, penerima WAJIB melengkapi formulir yang telah disediakan oleh panitia. Formulir dapat di download di https://forms.gle/1Xjnxgz1iHhs1Sbx5

Didin Nurudin Hidayat sebagai Executive Director Indonesia Scholarship Center mengajak semua pihak terutama lembaga-lembaga pendidikan dan beasiswa yang ada di Indonesia agar mendukung program ini.

“Mari kita bangun persatuan dan kolaborasi lembaga pendidikan dan beasiswa di Indonesia untuk bersama-sama memberikan optimisme dan harapan kepada masyarakat dalam merawat pendidikan anak-anak di Indonesia, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini," ujarnya.

“Kami, bersama menyadari bahwa dampak pandemi ini sangat luas sekali dan menjadi tanggung jawab bersama. Saya melihat, sangat besar potensi anak-anak Indonesia yang akan putus Sekolah karena orang tuanya menjadi korban pandemi ataupun yang terdampak," ujar Findo Gading selaku Pengurus Surya Edukasi Bangsa Foundation.

"Untuk itu kami, dari sebaf bersatu bersama baznas dan Indonesia Scholarship Center menggalang dana utk membantu biaya pendidikan anak bangsa yang terdampak pandemi ini," jelasnya.

"Kami berharap, ditengah Ramadan ini masih banyak dermawan yang ingin mendonasikan sebagian rezekinya melalui program ini. Karena sama-sama kita tahu, donasi dalam pendidikan adalah amal jariyah yg InsyaAllah amal baiknya akan terus mengalir ke para
donatur,” tutur Findo.

Link Donasi: Bank Mandiri: 165-00-0190384-9 atas nama Yayasan Surya Edukasi Bangsa, Bank BNI Syariah : 891-301-900-30200-19, Bank Permata Syariah : 552-055-99-41 atas nama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bank BCA : 5520-5599-41 atas nama Yayasan Pendidikan Beasiswa Indonesia (Indonesia Scholarship Center).

Info keterangan lebih lanjut, hubungi : Findo Gading Surya Edukasi Bangsa Foundation corcomm@medcom.id Telp : 021-5830-077 (ext. 44044) Instagram: @suryaedukasibangsa @wishfestival.id / @scholarshipcenter.id @lembagabeasiswabaznas. (OL-09)

BERITA TERKAIT