10 May 2020, 16:05 WIB

Beredar Skenario Aktivitas Bisnis akan Dibuka, Begini Sebenarnya


Despian Nurhidayat | Ekonomi

SKENARIO pembukaan bisnis dan industri yang akan dimulai pada Juni 2020 mendadak viral di media sosial, baru-baru ini. Skenario tersebut berisikan fase-fase pemulihan ekonomi selama dan pascapandemi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bagian Humas Kemenko Perekonomian, Hermin Esti Setyowati menebut bahwa yang beredar di media sosial itu  sejatinya baru merupakan kajian awal Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Selama ini, kata dia, Kemenko Perekonomian secara intens melakukan kajian dan kebijakan pemerintah menjelang, selama, dan pasca pandemi covid-19.

Hermin menambahkan, sebetulnya hal ini sebelumnya sudah dikonfirmasi oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono. Klarifikasi dari Susiwijono juga telah disebarkan kepada media agar tidak terjadi salah persepsi di masyarakat.

"Kajian awal yang beredar tersebut sebagai antisipasi untuk melakukan upaya-upaya yang diperlukan pascapandemi covid-19 mereda," ungkap Susiwijono, dilansir dari keterangan resmi, Minggu (10/5).

Saat ini, lanjut Hermin, Kemenko Perekonomian dikatakan sedang membahas secara intens dengan Kementerian dan Lembaga guna mematangkan kajian awal tersebut. Dalam waktu dekat Kemenko Perekonomian akan memfinalisasi kajian tersebut dan akan disampaikan kepada masyarakat. (X-12)

BERITA TERKAIT