10 May 2020, 15:00 WIB

Pasien Covid-19 di Pakistan Sembuh dengan Terapi Plasma


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PARA dokter di Pakistan mengklaim keberhasilan uji coba klinis dalam imuinisasi pasif. Setelah seorang pasien virus korona (covid-19) pulih melalui terapi plasma.

"Alhamdulillah pasien virus korona pertama yang dirawat melalui imunisasi pasif telah pulih, dan keluar dari rumah sakit," ujar Kepala National Institute of Blood Diseases, Tahir Shamis.

Namun, dia menolak untuk mengungkapkan rincian data pasien. Berikut, rumah sakit tempat pasien dirawat.

Baca juga: Tiongkok Uji Terapi Plasma dan Stem Sel untuk Pasien Covid-19

Saat ini, lanjut dia, beberapa pasien covid-19 menjalani terapi plasma. Pihak berwenang menetapkan target 350 pasien untuk menjalani uji klinis.

Delapan fasilitas uji klinis yang disetujui untuk terapi plasma konvalesen, telah memulai proses pengumpulan plasma pasien yang pulih dari covid-19.

"Biar saya perjelas ini adalah uji klinis yang berhasil. Kami tidak dapat menyatakannya sebagai pengobatan yang disetujui untuk virus baru tersebut pada tahap ini," jelas Shamsi, yang mengepalai tim ahli hematologi untuk uji klinis.

Baca juga: Indonesia Siap Terapkan Terapi Plasma Konvalesen

"Kami perlu menunggu untuk mengatakan sesuatu yang pasti dalam hal ini, setelah uji klinis semakin berhasil," pungkasnya.

Imunisasi pasif bukan perawatan medis baru dan telah dilakukan selama 125 tahun terakhir. Menurut Shamsi, terapi itu digunakan untuk menyembuhkan pasien terjangkit virus, seperti SARS, Ebola dan influenza di masa lalu.(AA/OL-11)

 

BERITA TERKAIT