10 May 2020, 14:25 WIB

Tak Pakai Masker, Warga Palembang Langsung Dikarantina


Dwi Apriani | Nusantara

Kebijakan yang dibuat pemerintah kota Palembang agar masyarakatnya disiplin memakai masker semakin tegas. Saat ini sudah berlaku kebijakan karantina bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker di tempat umum.

"Sudah lebih dari sepekan kita terapkan kebijakan ini. Jadi, jika ada masyarakat bandel, tidak menggunakan masker, akan langsung diangkut untuk dikarantina di mess PGRI Sumsel," kata Akhmad Zulinto, Ketua Bidang
Pencegahan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Palembang, Minggu (10/5).

Zulinto mengatakan mereka yang dikarantina akan diberikan efek jera.

"Jadi, kita berikan mereka efek jera. Di mess PGRI Sumsel ada 15 kamar atau bisa menampung 30 orang setiap harinya. Warga yang terjaring akan menempati kamar yang bersisi dua orang dengan fasilitas kipas angin saja. Handphone mereka akan disita," lanjutnya.

Baca juga: PSBB Surabaya Raya Diperpanjang, Sanksi Bakal Lebih Tegas

Mereka, imbuh Akhmad, tidak akan mendapat fasilitas seperti alat mandi. "Mereka yang terjaring karantina, disilakan menghubungi keluarganya. Jadi, mau alat mandi harus bawa sendiri, keluarga mereka yang akan antar ke mess. Kita hanya beri fasilitas makan sahur dan buka. Lauknya pun hanya tempe dan telur," jelasnya.

Hingga kini, tercatat sudah ada 220 orang yang dikarantina karena bandel tidak menggunakan masker di ruang publik.

"Kami berharap agar masyarakat bisa sadar bahwa masker itu bukan hanya melindungi orang lain. Namun demi diri kita sendiri, agar terhindar dari penularan covid-19. Dan semoga dengan karantina ini akan menyadarkan masyarakat yang lain," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT