10 May 2020, 07:45 WIB

Empat Warga Jepara Hilang Digulung Gelombang


Akhmad Safuan | Nusantara

Empat warga Dukuh Juwet, Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Jepara hilang digulung gelombang saat memasang jaring di Pantai Goa Manik, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Mereka ialah Susanto, 28, Sutrisno, 23, Sumantri, 35, dan Eko, 40.

"Ada lima rekan saya berniat memasang jaring ikan di Pantai Gia Manik. Saya menunggu di darat. Ketika mereka sedang mengatur posisi jaring, tiba-tiba datang gelombang besar dan menggulung mereka," kata Siswohadi, 34, rekan korban.

Melihat peristiwa tersebut, Siswohadi langsung berlari mencari bantuan ke warga dan kantor koramil.

Tim pencari yang dikoordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara langsung mencari korban.

Baca juga: Karawang segera Terapkan Sanksi Bagi Pelanggar PSBB

Kepala Pelaksana BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto mengatakan ketika mendapat laporan langsung melakukan koordinasi
dengan instansi terkait dan segera melakukan pencarian. "Namun, kondisi gelombang cukup tinggi dan di dasar pantai berlumpur, sehingga menyulitkan pencarian para korban," jelas Arwin.

Pada saat kejadian, Sabtu sekitar pukul 16.00 WIB, lanjut Arwin, posisi para korban berada sekitar 100 meter dari bibir pantai dan kedalaman air saat itu sekitar 130 centimeter.

"Gelombang yang datang menggulung mereka diperkirakan capai 2 meter saat itu," sambungnya.

Menurutnya, hanya satu dari lima orang, yakni Andika yang berhasil diselamatkan. "Empat lainnya masih dalam pencarian dan pencarian akan kembali dilakukan hari ini," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT