10 May 2020, 06:45 WIB

Andovi Da Lopez Khatamkan KBBI


(Bus/M-1) | Weekend

BERMAIN tantangan (challenge) semakin marak dilakukan Youtuber. Ini pula yang dilakukan Azevedo Andovireska Adikara Da Lopez atau lebih dikenal sebagai Andovi Da Lopez (Dovi).

Dovi bersama sang kakak, Jovial Da Lopez (Jovi), yang memiliki 2,23juta subscriber di kanal Youtube mereka, Skinnyindonesian24, itu membuat tantangan unik sebagai cara menggalang dana untuk penanganan wabah covid-19. Tantangan itu ialah mengkhatamkan isi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Berbincang dengan Andy F Noya, Dovi mengaku ide tantangan itu ia dapatkan setelah menonton aksi seorang Youtuber Amerika yang terkenal dengan julukan Mr Beast, yang mengkhatamkan kamus bahasa Inggris. "Nah, dari situ aku pengin baca KBBI. Dari dulu aku itu pengin banget baca KBBI untuk mengetes diri sendiri saja. Tapi pas tiba-tiba kita ada kabar bahwa kita semua harus belajar di rumah dan kerja di rumah akibat covid-19 ini, nah, di situ aku mikir, kenapa aku enggak buat itu jadi acara live ya?" paparnya dalam wawancara daring di Kick Andy.

Berlangsung bulan lalu dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube-nya, Dovi membutuhkan waktu 14 jam untuk menyelesaikan membaca KBBI. Jovi mengaku hingga petang hari ia merasa masih semangat membaca. Namun, saat mencapai pukul 20.00 WIB, ia merasa sudah begitu kelelahan hingga hampir menyerah.

Tidak ingin aksi itu gagal, sang kakak pun sempat menggantikannya sebentar saat membaca bagian diksi berawalan 'J'. Dovi memanfaatkan waktu untuk ke toilet dan makan saat digantikan sang kakak. Lewat perbincangan dengan Andy Noya itu pun Dovi sekaligus mengklarifi kasi bahwa sang kakak hanya menggantikan membaca beberapa halaman diksi 'J'. Setelah itu, Dovi kembali beraksi dan menuntaskan tantangan hingga selesai.

"Ending-nya saya dapat mengumpulkan 200 juta rupiah. Jadi, untuk uangnya, aku memang kerja sama dengan Peduli Sehat. Kita enggak ngambil sepersen pun, dan mereka juga enggak memotong apa pun. Dananya langsung disalurkan ke rumah sakit rujukan covid-19 di Jakarta. Semuanya dibelikan APD, masker, dan hand sanitizer untuk penanganan covid-19," pungkasnya. (Bus/M-1)

BERITA TERKAIT