10 May 2020, 02:35 WIB

Cegah Pemudik, Klaten Giatkan Penyekatan Perbatasan


Djoko Sardjono | Nusantara

KEGIATAN razia penyekatan perbatasan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dengan Daerah Istimewa Yogyakarta di Pos Pantau Prambanan, diintensifkan dengan melibatkan personel Polres, Brimob, TNI, dan Linmas. Dalam penyekatan perbatasan, seperti yang dilakukan Jumat (8/5), petugas memeriksa puluhan kendaraan roda empat yang melintas di perbatasan Klaten-DI Yogyakarta.

Kepala Pos Pengamanan Operasi Ketupat Prambanan, Ipda Panut Haryono, mengatakan kendaraan roda empat terutama mobil pribadi dari luar daerah yang melintas di perbatasan diperiksa. Semua kendaraan yang melintas di perbatasan Klaten-DIY diperiksa, guna memastikan bahwa kendaraan roda empat khususnya truk dan boks tidak digunakan untuk mengangkut pemudik.

"Kalau mereka bisa menunjukkan surat kendaraan atau surat tugas diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Termasuk kendaraan pribadi yang datang dari luar daerah," ujar Panut, Sabtu (9/5).

Kegiatan razia di Prambanan, yang merupakan perbatasan Klaten-DIY, adalah penyekatan lalu lintas dan pembatasan pemudik. Juga imbauan kepada pengguna jalan untuk memakai masker.

Menurut Panut, dalam razia penyekatan permabatasan itu jika ada yang kedapatan akan mudik kendaraan yang bersangkutan diminta untuk putar balik kembali ke daerah asalnya.

"Kami akan terus melakukan penyekatan pemudik, tetapi dengan langkah persuasif dan humanis. Kecuali ada pemudik yang bandel itu baru kita lakukan penindakan," pungkasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT