10 May 2020, 02:25 WIB

Empat Kabupaten/Kota di Bengkulu Zona Merah Covid-19


Marliansyah | Nusantara

EMPAT dari 10 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu masuk dalam zona merah Covid-19. Di empat kabupaten/kota tersebut telah ada kasus transmisi lokal penularan Covid-19.

Keempat wilayah zona merah Covid-19 di Bengkulu tersebut adalah Kota Bengkulu, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur. Sedangkan enam wilayah lainnya yaitu Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Seluma, dan Kabupaten Bengkulu Tengah masih menjadi zona hijau.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Edriwan Mansyur, Sabtu (9/5) mengatakan adanya transmisi lokal di empat wlayah tersebut menjadi peringatan warga Bengkulu untuk lebih waspada terhadap penularan virus korona.

"Saat ini dinas kesehatan akan memperbanyak melakukan pemeriksaan dengan menurunkan tim sebanyak-banyaknya dengan melakukan penelusuran terhadap orang yang telah kontak dengan pasien positif Covid-19," imbuhnya.

Mansyur menambahkan pihaknya juga berencana akan memperbanyak rapid test. Namun rencana itu terkendalan jumlah rapid test yang terbatas.

Terbatasnya jumlah rapid test membuat Dinas Kesehatan Bengkulu memprioritaskan tiga golongan yang akan menjadi tes tersebut. Ketiganya adalah tenaga kesehatan yang terkontak dengan pasien konfirmasi, pasien PDP, dan orang-orang yang berkontak erat pasien. (R-1)

 

BERITA TERKAIT