10 May 2020, 01:45 WIB

Dinkes NTT Kirim APD dan Obat Pengganti ke Nagekeo


Palce Amalo | Nusantara

DINAS Kesehatan (Dinkes) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengirim alat pelindung diri (APD) dan obat-obatan pengganti untuk Rumah Sakit Aeramo, Kabupaten Nagekeo, Minggu (10/5) ini. Pengiriman APD dan obat obatan tersebut menyusul kebakaran dua ruangan farmasi rumah sakit tersebut pada Sabtu (9/5) pukul 03.00 dini hari.

Kebakaran mengakibatkan seluruh APD dan rapid test yang dikirim dari Kupang untuk kebutuhan penanganan pasien virus korona, termasuk obat-obatan yang ada di dua ruangan tersebut, ludes terbakar. "Besok (Minggu, 10/5) kita kirim 100 coverall dan peralatan lainnya dan juga obat-obatan," kata Kadis Kesehatan NTT Dominikus Mere, Sabtu (9/5).

Pesawat yang mengangkut APD dijadwalkan mendarat di Bandara H Aroeboesman di Kabupaten Ende. Selanjutnya APD dan obat-obatan tersebut diangkut dengan mobil ke Nagekeo.

Kadis Perhubungan NTT Isyak Nuka menambahkan total APD dan obat-obatan yang diangkut Pesawat Dimonim Air yang dicarter pemerintah sekitar 500
kilogram. Pada Jumat pagi, pesawat itu juga mengangkut APD dari Kupang untuk kebutuhan rumah sakit di Sumba dan Flores, serta menjemput 160 sampel swab dari dua pulau tersebut untuk diperiksa di Laboratorium Biologi Molekuler Rumah Sakit WZ Johannes, Kupang. (R-1)

 

BERITA TERKAIT