10 May 2020, 03:00 WIB

Jerome Polin Pentingnya Konten Edukasi


MI | Humaniora

MARAKNYA konten yang tidak mendidik di Youtube belakangan ini menyita perhatian youtuber Jerome Polin. Pria dengan pengikut 3,37 juta di kanal Youtube-nya, Nihongo Mantappu, sangat menyayangkan para youtuber yang hanya mengejar jumlah subscriber.

“Kalau aku pribadi sih jujur merasa resah sih (dengan kejadian belakangan ini). Sebenernya salah satu yang membuat akhirnya memicu aku bikin konten edukasi itu juga karena konten-konten provokatif di Youtube seperti ini,” ungkap Jerome dalam sesi obrolan Konferensi Pendidikan Akademi Edukreator yang diselenggarakan Kemendikbud RI dan LIPI, Rabu (6/5).

Bagi pria 22 tahun yang menerbitkan buku Mantappu Jiwa tahun lalu, Youtube seharusnya dapat menjadi platform edukasi yang mampu menambah setidaknya wawasan informasi untuk setiap kalangan yang menyaksikannya. Sebab itu, Jerome yang sedang berkuliah di Jepang berkomitmen membuat konten edukatif.

“Menurut aku pribadi, kalau enggak ada edukasinya, itu enggak enak. Kalau cuma hiburan itu, seperti ada yang kurang. Jadi, dari satu video paling enggak berusaha aku selipin edukasi yang tersirat gitu,” pungkas penerima beasiswa full studi di Waseda University ini. (Bus/M-1)

BERITA TERKAIT