09 May 2020, 22:29 WIB

Little Richard, Pelopor Musik Rock N Roll Tutup Usia


Adiyanto | Weekend

MUSIKUS Amerika Serikat yang ngetop di era 1950-an, Little Richard, tutup usia, pada usia 87 tahun, Sabtu (9/5). Richard termasuk salah satu pelopor musik rock n roll bersama almarhum Chuck Berry.

Kabar duka wafatnya Richard disampaikan majalah Rolling Stone dengan mengutip keterangan putra almarhum. Namun, tidak jelas apa pemyebab kematian musikus afro-amerika tersebut.

Sejumlah lagu Richard yang menjadi hits antara lain Tutti Frutti serta Long Tall Sally. Lagu yang disebut terakhir ini bahkan pernah dipopulerkan The Beatles.

Suara Richard yang kuat hingga falsetto yang melolong, membuat penonton terpesona dan menjadi inspirasi bagi para seniman termasuk The Beatles .

Lagunya Tutti Frutt yang dirilis pada 1955, bahkan menjadi semacam pembuka salvo lagu rock 'n' roll ke dalam kehidupan Amerika.

Tidak hanya musiknya, gaya busana Richard juga cukup mengejutkan Amerika ketika itu dengan kemeja warna-warni menyilaukan, kancing terbuka, serta jaket berbahan satin. Dia juga berkumis dengan  potongan rambut berjambul.

Sebagai penghibur yang sempurna sejak kecil, Richard piawai bermain piano, bahkan dengan satu kaki terangkat memencet tuts.

Di panggung, gaya hidup Richard menjadi lambang dekadensi rock 'n' roll. Jauh sebelum pesta liar rocker terkenal di tahun 1960-an. Richard berbicara terbuka  tentang kegemarannya berpesta-pora di kamar hotelnya. (AFP/M-4)

BERITA TERKAIT