09 May 2020, 16:31 WIB

Kabar Baik! Pasien Sembuh dari Covid-19 di Indonesia Makin Banyak


Cindy Ang | Humaniora

JUMLAH pasien sembuh dari virus korona (covid-19) di Indonesia semakin bertambah. Penambahan pasien sembuh sebanyak 113 orang hingga Sabtu (9/5).

"Kasus sembuh mencapai 2.607 orang atau 19,1 persen dari kasus terkonfirmasi," kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto, di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (9/5).

Baca juga: Gerakan Kurva Landai Jadi Solusi Penurunan Kasus Covid-19

Sementara jumlah kasus positif secara nasional bertambah 533 orang. Penambahan kasus ini berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

"Konfirmasi Covid-19 yang kita dapatkan sampai dengan saat ini 13.645 kasus. Dengan pasien meninggal sebanyak 959 orang," ucap Yuri.

Yuri juga memaparkan jumlah secara keseluruhan orang dalam pemantauan (ODP) bertambah 2.367 orang. Sehingga total menjadi 246.847 orang. Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah 603 orang. Dengan begitu, total PDP mencapai 29.690 orang.

Yurianto menyebut data ini menjadi poin pemerintah melihat tingkat kedisplinan rakyat Indonesia mematuhi protokol kesehatan Covid-19, yakni antara lain menjaga jarak, tetap di rumah, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun.

"Dibutuhkan kerja sama yang kuat baik dari tingkat keluarga, RT, RW terus sampai tingkat lingkungan kita. Ini upaya yang bisa kita lakukan, tetap gotong royong, saling menjaga dan melindungi serta patuhi arahan pemerintah," tutup Yuri. (Medcom.id/OL-6)
 

BERITA TERKAIT