09 May 2020, 12:44 WIB

Gunakan Kapal, Pemkab Flotim Kirim 2 Sampel Swab Covid-19


Ferdinandus Rabu | Nusantara

SATGAS Covid-19 Kabupaten Flores Timur, NTT melalui dinas kesehatan setempat mengirimkan dua sampel swab dengan menggunakan kapal penyeberangan ASDP ke Laboratorium Kesehatan Dinkes Provinsi NTT. Penggunaan kapal ASDP ini karena tidak ada jadwal penerbangan di daerah itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Flores Timur, Paulus Igo Geroda saat dikonfimasi Sabtu (9/5) membenarkan Satgas Covid-19 Flotim telah mengirimkan dua sampel swab lewat kapal pada Jumat (8/5).

"Pengiriman sampel ini mendapat pengawalan dari dinkes di sini. Kita telah membangun koordiansi dan komunikasi melalui dinkes dengan pihak ASDP, dan pihak kesehatan pelabuhan Larantuka tentang teknis pengiriman dua sampel swab tersebut. Intinya semua prose teknis mulai dari proses pengepakan, serta pengangkutan hingga dalam kapal dan penyimpanannya tetap dalam pantauan dan kawalan Dinkes Flotim. Sebelumnya sudah 9 sampel swab yang dikirim ke Jakarta. Satu sampel terkonfimasi positif covid-19, sedangkan 8 sampel lainnya masih menunggu hasil," kata Paulus. 

baca juga: Warga Yogyakarta Mulai Terima Bantuan Tunai
 
Pemkab Flotim mengonfirmasi pasien pertama positif covid-19 pada Rabu (6/5) setelah melakukan uji swab. Pasien positif berinisial RB tersebut merupakan satu dari 17 penumpang KM Lambelu yang dikarantina di Emaus-Weri saat tiba pada 7 April lalu. Saat ini pasien positif tersebut telah diisolasi di RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka. Suami pasien positif tersebut juga ikut dibawa untuk ditempatkan di ruang isolasi RSUD Larantuka. (OL-3)

BERITA TERKAIT