09 May 2020, 12:34 WIB

Kasus Transmisi Lokal Covid-19 di Babel Antara Bos dan Karyawan


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

TIGA kasus transmisi lokal corona virus disease-19 (covid-19) di Provinsi Bangka Belitung (Babel) ternyata menyebar melalui atasan ke bawahan. Ketua Sekretariat Pusdalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) covid-19 Provinsi Babel, Mikron Antariksa mengatakan tiga kasus transmisi lokal tersebut 2 di Kabupaten Belitung dan 1 di Kabupaten Bangka.

"Untuk yang Belitung ini, 2 kasus transmisi lokalnya terjangkit dari atasannya yang terkonfirmasi positif pertama kali di Belitung dan sekarang sudah dinyatakan sembuh," kata Mikron, Sabtu (9/5).

Sedangkan satu lagi terjadi pada warga Merawan, Kabupaten Bangka. Yang bersangkutan merupakan karyawan peternakan ayam di Bangka.

"Kasus positif di merawang ini terjangkit dari bosnya warga Pangkalbalam Pangkalpinang. Atasannya itu bersama istri sudah terlebih dahulu positif, dan punya riwayat perjalan ke Jakarta. Kasus transmisi lokal ini sama-sama hubungan antara atasan dan bawahan" ungkap dia.

baca juga:Ditemukan Transmisi Lokal Penularan Covid-19 di Garut

Untuk mencegah kasus transmisi lokal ini  agar tidak menyebar, pihaknya terus bergerak cepat melakukan tracking, rapid test  serta mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Ia menambahkan, hingga saat ini jumlah pasien positif covid-19 di Babel ada 28 orang dan kebanyakan didominasi oleh orang tanpa gejala. (OL-3)

BERITA TERKAIT