09 May 2020, 12:30 WIB

Bos Renault Optimistis Ricciardo akan Bertahan


Antara | Olahraga

BOS tim Renault Cyril Abiteboul yakin perjalanan Daniel Ricciardo dengan tim pabrikan asal Prancis itu masih panjang kendati kontrak mereka dengan sang pembalap akan selesai akhir tahun ini.

Ricciardo mengejutkan semua pihak ketika ia memilih meninggalkan Red Bull ke Renault untuk musim 2019 dengan mengantongi kontrak selama dua musim.

Namun, tahun pertama Ricciardo bersama Renault tidak bisa dibilang memuaskan. Sang pembalap asal Australia itu mengakhiri musim 2019 di peringkat sembilan, hasil terburuknya sejak 2013, dengan hanya delapan kali mencetak poin, tanpa finis podium sekalipun.

Baca juga: F1 Cari Sirkuit Alternatif

"Kami merasa ini adalah perjalanan yang masih menawarkan banyak hal ketimbang apa yang ia tawarkan tahun lalu," kata Abiteboul seperti
dikutip laman resmi F1, Jumat (8/5).

Sebelum pandemi covid-19 melanda, Abiteboul menyatakan bahwa awal musim 2020 akan menjadi momen kunci untuk mengetahui apakah ia akan mempertahankan Ricciardo tahun depan untuk membalap bersama Esteban Ocon.

Di musim balapan normal, biasanya pembicaraan soal kontrak mulai pada Mei dan Juni. "Ini adalah musim yang tidak biasa," kata Abiteboul.

"Beberapa hal tertunda, tapi kami harus tetap merencanakan masa depan, jadi itu yang kami lakukan terhadap Daniel dan juga yang lainnya. Kami tidak putus asa untuk membuat resolusi tentang itu tapi pastinya kami punya rencana," imbuhnya.

Namun, Abiteboul belum bisa menjawab apakah ia akan mempertahankan Ricciardo karena musim kedua mereka bersama masih belum dimulai. "Itu kesulitannya."

"Kami merasa bisa melakukan yang lebih baik, itulah sebabnya ada perasaan yang sama jika kami harus melakukan lebih banyak. Apakah itu akan menuju ke perpanjangan kontrak, waktu akan menjawab."

"Tentunya ada keinginan yang sama, jika pemahaman saya benar," lanjut Abiteboul.

Bulan lalu, Ricciardo, dalam wawancara bersama F1, mengungkapkan ia tidak akan menolak jika ada tawaran untuk kembali ke Red Bull, di saat kursi Alex Albon kemungkinan kosong tahun depan.

Ketika membela Red Bull dari 2014-2018, pembalap bernomor mobil 3 itu memenangi tujuh grand prix, dengan 30 finis podium, dan tiga posisi pole.

Namun di kala musim balapan F1 tertunda karena pandemi covid-19, selama ini belum ada kesempatan untuk berbicara dengan tim lain.

Secara teknis, ada satu kursi kosong di setiap tim musim depan, jadi Ricciardo masih memiliki banyak pilihan.

Masa depan Ricciardo menjadi salah satu pembicaraan hangat di bursa transfer pebalap selain Lewis Hamilton, Sebastian Vettel, dan Valtteri
Bottas yang belum mengamankan kontrak setelah tahun ini.

Sementara Max Verstappen telah memperpanjang kontraknya bersama Red Bull hingga 2023 dan Charles Leclerc juga mempertahankan bangkunya di Ferrari hingga 2024 nanti.

Renault juga memiliki banyak opsi, jika Ricciardo memutuskan untuk pindah, dengan talenta muda dari akademi pembalap mereka seperti Christian Lundgaard. (OL-1)

BERITA TERKAIT