09 May 2020, 11:45 WIB

Tok, Aturan Pergantian Lima Pemain Disetujui


Patrick Pinaria | Sepak Bola

ATURAN lima pergantian pemain dalam satu pertandingan sudah bisa diterapkan di kompetisi-kompetisi sepak bola seluruh dunia. IFAB (International Football Association Board) selaku badan aturan sepak bola dunia sudah menyetujui aturan yang diusulan Federasi Sepak bola Dunia (FIFA) tersebut.

FIFA mengusulkan aturan lima pergantian pemain pada akhir April. Mereka membuat usulan itu guna melindungi pemain dari cedera ketika kompetisi musim ini dilanjutkan. Mengingat, tim-tim bakal menghadapi jadwal ekstra padat di kompetisi pada sisa musim ini akibat pandemi korona.

Usulan FIFA soal aturan lima pergantian pemain dalam satu pertandingan itu pun disetujui IFAB. Namun, aturan lima pergantian tersebut hanya diberlakukan hingga 31 Desember 2020. Selain itu, setiap tim hanya diberi kesempatan melakukan tiga kali jeda untuk melakukan pergantian pemain.

Baca juga: Calon Bos Newcastle ingin Gaet Kalidou Koulibaly

Hanya saja, FIFA dan IFAB tidak akan memaksakan aturan tersebut digunakan di setiap kompetisi. Keputusan akan diserahkan kepada pihak operator kompetisi masing-masing.

"Amendemen sementara ini mulai berlaku dan dibuat karena kompetisi dapat dimainkan dalam periode singkat dengan kondisi cuaca yang berbeda, yang keduanya dapat berdampak pada kesejahteraan pemain," demikian pernyataan IFAB.

Sejauh ini, aturan lima pergantian pemain per pertandingan mendapat dukungan dari RFEF. Melalui pernyataan resmi mereka memastikan Presiden RFEF Luis Rubiales mengusulkan aturan tersebut kepada Presiden La Liga Javier Tebas. (Goal/OL-1)

BERITA TERKAIT