09 May 2020, 07:18 WIB

Jubir Wapres AS Positif Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

JURU bicara Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Jumat (8/5), menjadi staf Gedung Putih kedua pada pekan ini yang dinyatakan positif covid-19. Meski begitu, Presiden AS Donald Trump bersikeras tidak memakai masker.

Kabar bahwa Katie Miller, juru bicara Mike Pence, positif covid-19 meningkatkan kekhawatiran bahwa Gedung Putih bisa menjadi hotspot virus korona saat Trump memimpin upaya pelonggaran lockdown di AS.

Dengan posisinya sebagai jubir wapres AS, Miller memiliki akses ke pertemuan-pertemuan tingkat tinggi. Dia juga merupakan istri salah satu ajudan Trump, Stephen Miller, penulis pidato Trump terkait kebijakan imigrasi.

Baca juga: AS Cegah DK PBB Sepakati Gencatan Senjata Selama Pandemi

Sebelumnya, seorang pejabat Gedung Putih hanya mengatakan seorang staf Pence terbukti positif covid-19. Namun, Trump, dalam acara dengan anggota DPR AS dari Partai Republik menyebut staf itu bernama Katie dan bekerja untuk Pence sebagai jubir.

Setidaknya hingga Kamis (7/5), Miller terlihat berinteraksi dengan staf Gedung Putih dalam kegiatan ibadah yang digelar Trump dan dihadiri puluhan orang termasuk istri Trump dan Pence.

Fakta Miller yang positif covid-19 mengganggu perjalanan Pence ke Des Moines, Iowa. Sebanyak enam orang yang melakukan kontak dengan Miller batal berangkat.

"Sebagai tindakan pencegahan, kami kembali dan memeriksa mereka yang terlibat kontak dengan Miller," ujar seorang pejabat Gedung Putih.

Sebelumnya, Kamis (7/5), seorang juru bicara Trump mengatakan seorang pengawal Trump dinyatakan positif covid-19. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT