09 May 2020, 08:40 WIB

Penumpang MRT Positif Covid-19


Putra Ananda | Megapolitan

PT MRT Jakarta semakin mengetatkan prosedur protokol kesehatan selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hal itu dilakukan mengingat hasil rapid test massal terhadap penumpang MRT didapati empat orang terbukti reaktif dan kemudian dinyatakan positif terpapar virus korona.

Peningkatan protokol kesehatan yang diterapkan, di antaranya pembersihan rangkaian kereta MRT dengan cairan disinfektan sesudah selesai beroperasi. “PT MRT Jakarta telah melakukan pembersihan lebih intensif pada keseluruhan enam rang kaian kereta Ratangga yang beroperasi pada 6 Mei. Kami juga telah melakukan fogging dan pembersihan permu kaan interior dan eksterior kereta,” jelas Corporate Secretary Head Division PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin kepada Media Indonesia, Jumat (8/5).

Protokol lainnnya yang tetap dilanjutkan, yakni pemeriksaan suhu tubuh penumpang di tiap pintu masuk stasiun, penggunaan masker, serta penerapan physical distancing.

Keempat penumpang positif covid-19 dan telah dirujuk ke RS Darurat Wisma Atlet merupakan temuan Badan Intelijen Negara (BIN) yang melakukan rapid test di Stasiun Dukuh Atas pada 6 Mei.

Kemarin, dengan melibatkan 3 dokter, 15 perawat, dan 8 tenaga kesehatan, Kepala Klinik BIN Sri Wulandari menguraikan saat tes cepat ber langsung, empat mobil laboratorium siaga di lokasi.

Keempat laboratorium mobil itu mampu mendapatkan hasil uji tes dengan metode polymerase chain reaction atau PCR dalam tempo 5 jam. Sesuai dengan data yang di isi oleh setiap peserta tes, bagi yang terungkap positif covid-19 akan dihubungi dan di arahkan untuk menjalani protokol kesehatan. (Put/J-2)

BERITA TERKAIT