09 May 2020, 05:31 WIB

Bocah di New York Meninggal karena Kawasaki Terkait Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

SEORANG anak berusia 5 tahun di Negara Bagian New York meninggal dunia karena penyakit peradangan langka yang diduga disebabkan oleh covid-19. Hal itu diungkapkan Gubernur New York Andrew Cuomo, Jumat (8/5).

"Di Negara Bagian New York, dilaporkan ada 73 kasus anak-anak yang sakit parah dengan gejala seperti Penyakit Kawasaki. Pada Kamis (7/5), seorang anak berusia 5 tahun meninggal karena komplikasi itu yang diduga dipicu oleh covid-19," jelas Cuomo.

Dia menambahkan Departemen Kesehatan New York tengah menyelidiki dan menanyai orangtua anak itu mengenai apakah anak mereka itu sempat mengalami demam yang berlangsung selama lebih dari lima hari.

Baca juga: Kematian akibat Covid-19 di Italia Lampaui 30 Ribu Kasus

Gejala lain yang dialami anak-anak antara lain adalah diare atau muntah, kesulitan bernafas, kulit yang memucat, dan sakit di dada.

Penyakit Kawasaki adalah penyakit misterius yang biasanya dialami oleh anak-anak hingga usia 5 tahun dan menyebaban dinding arteri mengalami peradangan menyebabkan anak mengalami demam, kulit mengelupas, dan sakit persendian.

Jika tidak ditangani bisa menyebabkan kematian namun mereka yang mendapatkan pertolongan medis biasanya bisa pulih.

Otoritas kesehatan Inggris merupakan yang pertama memperingatkan adanya peningkatan kasus Kawasaki pada anak-anak yang terinfeksi covid-19 pada bulan lalu.

Prancis, Italia, dan Spanyol juga melaporkan hal yang sama. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT