09 May 2020, 05:30 WIB

Kematian akibat Covid-19 di Italia Lampaui 30 Ribu Kasus


Widhoroso | Internasional

ITALIA menjadi negara anggota Uni Eropa pertama yang mencatat kasus kematian akibat virus korona (Covid-19) menembus angka 30 ribu. 243 kasus kematian pada Jumat (8/5) membuat saat ini total angka kematian akibat Covid-19 di Italia mencapai 30.201.      

Italia kini menjadi negara ketiga dengan angka kematian terbesar di dunia akibat Covid-19 setelah Amerika Serikat dan Inggris. Di Inggris, jumlah kasus kematian telah melebihi 30 ribu pada Rabu (6/5) lalu. Sedangkan Spanyol mencatat angka kematian akibat virus yang bermula dari Wuhan Tiongkok ini sebesar 26 ribu.  

Walau jumlah kasus kematian terus bertambah, namun dilaporkan jumlah kasus baru Covid-19 di Italia menurun sedikit. Tambahan 1.327 kasus baru membuat total kasus Covid-19 di Italia berjumlah 217.185.

Italia merupakan negara Eropa pertama yang memberlakukan lockdown sejak kasus Covid-19 pertama di negara itu ditemukan di Italia utara pada Februari lalu.

Saat ini, pemerintah Italia telah sedikit melonggarkan pembatasan-pembatasan yang sebelumnya diberlakukan. Pekan ini, pemerintah telah mengizinkan warga berolahraga di ruang terbuka dengan syarat tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. Gereja-gereja juga sedang mempersiapkan dimulainya misa pada 18 Mei mendatang, tetapi akan ada jarak sosial yang ketat dan para pengunjung harus menggunakan masker topeng.
 
Namun sekolah-sekolah, bioskop, serta sebagian besar tempat perbelanjaan masih belum akan dibuka. Semua pertemuan publik juga masih dilarang. Bar serta restoran baru akan diperbolehkan menerima pengunjung pada Juni mendatang. (BBC/R-1)

 

BERITA TERKAIT