09 May 2020, 03:25 WIB

1,3 Juta KK di Sumut Segera Dapatkan Bansos


Yoseph Pencawan | Nusantara

UNTUK membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan segera menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako kepada 1.321.426 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 33 kabupaten/kota.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, bantuan sosial tersebut bersumber dari refocusing anggaran APBD Pemprov Sumut sebesar Rp300 miliar. "Jumlah penerima bantuan ditentukan berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kabupaten/kota," ungkapnya, Jumat (8/5).

Menurut Edy, dirinya telah meminta bupati dan wali kota untuk melibatkan TNI dan Polri dalam penyaluran bantuan ini. Ia pun sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat terkait dengan pemberian bantuan jaring pengaman sosial (JPS) ini.

Pemerintah pusat telah mengizinkan Pemprov Sumut untuk mengambil berbagai langkah guna mempercepat penyalurannya. Karena itu, Edy meminta bupati dan wali kota untuk segara menyampaikan rekening pemkab/pemkot ke Pemprov agar dana bantuan dapat segera dikirim. Kecuali bagi kabupaten/kota yang menginginkan bantuan berupa paket sembako yang sudah dikemas.

Daerah-daerah yang meminta kiriman dalam bentuk barang adalah Kabupaten Batubara dan Tapanuli Tengah (Tapteng). Sedangkan daerah lain meminta kiriman dalam bentuk transfer dana. (R-1)

BERITA TERKAIT