09 May 2020, 06:30 WIB

Moeldoko Nyanyi Bareng Ra Mudik Ra Popo


MI | Humaniora

SUASANA Lebaran tahun ini mungkin bakal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Pasalnya, pemerintah telah meminta masyarakat perantau untuk tidak pulang ke kampung halaman (mudik). Hal itu demi menekan penyebaran pandemi covid-19. Salah satu bentuk imbauan bahkan dilantunkan lewat lagu Ra Mudik Ra Popo yang dinyanyikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bersama sejumlah pejabat pemerintahan di pusat dan daerah.

Ada Ketua Wantimpres Wiranto, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Ketua Umum Komite Seni Budaya Nasional Hendardji Supandji, Ketua Umum Komite seni Nasional dan Ketum Pawon Semar, Bupati Pati Haryanto, Bupati Karanganyar Yuliatmono, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Ketum Paguyuban Jawa Tengah Leles Sudarmanto, serta Sekjen Paguyuban Jawa Tengah Frahma Alimiyarso.

Ide pembuatan lagu muncul dari Leles dan kemudian digarap Harry Yamba. Videonya sudah dapat disaksikan di kanal Youtube mulai Kamis (7/5). Dalam video itu, tampak Moeldoko turut bernyanyi dengan latar belakang tugu Monas.

“Kalau dilarang mudik dengan tegas susah, sekarang saya ajak kesadarannya lewat lagu. Apa masih mau ngotot pulang,” kata Moeldoko dalam siaran pers Kantor Staf Presiden di Jakarta, Kamis (7/5). Ia menambahkan, jika masyarakat mengikuti larangan pemerintah dengan menunda mudik, harapannya penyebaran covid-19 tidak meluas sampai ke berbagai daerah. (Ant/M-2)
 

BERITA TERKAIT