09 May 2020, 05:00 WIB

PLN Siap Layani Keluhan Pelanggan


Wan/Ant/E-3 | Ekonomi

DIREKTUR Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Zulkifli Zaini menegaskan komitmen penuh pihaknya untuk melayani keluhan pelanggan dan berupaya menjaga kualitas pasokan listrik meski situasi pandemi covid-19 menimbulkan risiko besar terhadap para pegawai PLN yang harus tetap bertugas di lapangan.

Komitmen PLN itu ditegaskan Zulkifli Zaini saat menjelaskan perihal lonjakan tagihan listrik yang dialami banyak pelanggan PLN kepada pimpinan dan anggota Ombudsman RI melalui konferensi virtual, kemarin.

Ia menegaskan PLN sangat mendu­kung langkah cepat dan sistematis pemerintah dalam melindungi pelanggan listrik yang paling terdampak covid-19. Kebijakan tersebut menunjukkan komitmen dan upaya pelindungan pemerintah kepada masyarakat paling terdampak.

“PLN sebagai penerima mandat pelaksanaan kebijakan tersebut menyelesaikan dengan profesional dan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Untuk mengatasi keluhan pelanggan terkait lonjakan tagihan kenaikan listrik selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), PLN  telah membuka Posko Informasi Tagihan Listrik di Kantor Pusat PLN, Jakarta.

Posko tersebut secara proaktif akan menghubungi pelanggan yang teridentifikasi mengalami kenaikan tagihan listrik cukup signifikan melalui telepon yang terdaftar pada basis data pelanggan PLN.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka, mengatakan langkah itu dilakukan untuk memberikan informasi kepada pelanggan mengenai penyebab kenaikan tagihan listrik.

“Jadi, kami akan proaktif menghubungi pelanggan dan memberikan penjelasan mengenai penyebab kenaikan tagihan listrik tersebut. Supaya pelanggan tidak kaget dan me­mahami penyebabnya,” kata I Made Suprateka, kemarin.

Melalui posko itu, PLN juga melakukan call back kepada pelanggan yang telah menyampaikan pengadu­an melalui Contact Center PLN 123 untuk memastikan pelanggan telah mendapatkan penanganan dan menerima informasi yang diberikan oleh petugas contact center tersebut.

Pelanggan yang ingin menyampaikan pengaduan terkait tagihan listrik dapat menghubungi Contact Center PLN 123 yang siap melayani 24 jam. Hingga 7 Mei 2020, PLN telah berhasil menyelesaikan 7.802 aduan pelanggan dari 9.076 aduan yang masuk ke contact center itu. (Wan/Ant/E-3)

BERITA TERKAIT