09 May 2020, 01:30 WIB

DIY Belum Berpikir Terapkan PSBB


Ardi Teristi | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Daerah Khusus Yogyakarta (DIY) belum berpikir menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar walau jumlah pasien positif Covid-19 terus meningkat. Jumat (8/5), jumlah pasien positif Covid-19 bertambah 6 orang, sedangkan pasien sembuh bertambah dua.

Total jumlah pasien positif Covid-19 di DIY mencapai 143 orang, dengan rincian 77 dirawat, 59 sembuh, dan 7 meninggal dunia.

"Belum (menerapkan PSBB), kita lihat positifnya dulu (jumlah pasien yang baru dan yang lama dan telah sembuh)," terang Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

Menurut dia, penentuan PSBB bukan dilihat dari kasus ditutupnya sebuah pusat perbelanjaan di Yogyakarta karena ada pegawainya yang positif Covid-19. Sultan menyebut kunci penanggulangan Covid-19 adalah kedisiplinan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.

Hal tersebutlah, jelas Sultan, yang bisa menyetop persebaran Covid-19. "Walaupun PSBB, mereka yang tidak tertib ya akan tetap pergi ke luar (tidak mengindahkan protokol untuk tinggal di rumah)," kata Sultan.

Sultan menyebut resiko penularan ada apabila masyarakat pergi keluar rumah. Jika masyarakat tidak mau disiplin tinggal di rumah, penularan tidak akan pernah selesai.

Sultan juga mengimbau, masyarakat yang berisiko tertular Covid-19 agar bersikap jujur kepada lingkungannya dan melakukan isolasi mandiri. Pasalnya, jika tidak jujur, dia akan berisiko menularkan Covid-19 kepada orang lain di sekitarnya. (R-1)

 

BERITA TERKAIT