09 May 2020, 01:00 WIB

Ribuan Kendaraan Ditolak Keluar atau Masuk Jambi


Solmi | Nusantara

KEPOLISIAN Daerah Jambi hingga Jumat (8/5) telah melarang ribuan kendaraan yang mencoba keluar atau masuk masuk wilayah Jambi. Oleh petugas di pos pengawasan, ribuan kendaraan tersebut diminta untuk berbalik ke arah kedatangan.   

Kepala Posko Operasi Ketupat Siginjai Polda Jambi Komisaris Sukarman yang mangawal arus pemudik di ruas jalan lintas timur mengatakan hingga kini sebanyak 1.174 kendaraan pemudik yang tidak memenuhi persyaratan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, disuruh putar balik sewaktu melintasi pos check point perbatasan Jambi-Sumsel dan perbatasan Jambi-Riau.
      
Kendaraan yang diperintah balik arah tersebut yakni sepeda motor sebanyak 288 unit, 706 unit kendaraan roda empat, dan 180 unit bus. Sebagian besar kendaraan itu mencoba masuk wilayah Jambi melalui pintu masuk di jalan Lintas Timur Sumatera.

Di sisi lain, kendati sudah ada kelonggaran, hingga Jumat (8/5) belum ada aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Thaha. Di Bandara Sultan Thaha belum ada calon penumpang yang memenuhi persyaratan untuk bisa bepergianm seusai yuang telah disyaratkan     

"Sejak Kamis (&/5) belum ada calon penumpang sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang bisa memakai maskapai pesawatr yang ada di bandara ini," jelas Eksekutif General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi Hendra Irawan.   

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 membolehkan pesawat terbang membawa penumpang di masa pendemi Covid-19 namun dengan syarat-syarat tertentu. Misalnya melampirkan surat tugas dari surat tugas dari kantor atau instansi terkait, melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 dari rumah sakit, dan sebagainya.

Sedangkan Calon penumpang yang dilayani antara lain, pegawai pemerintah atau lembaga swasta yang melakukan perjalanan, pasien yang membutuhkan pelayanan medis darurat, atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia. (R-1)

BERITA TERKAIT