08 May 2020, 21:19 WIB

Pemkab Brebes Tulis Nama Penerima di Tas Bansos Terdampak Covid


SUPARDJI RASBAN | Nusantara

MENGHADAPI masa pandemi covid-19 berbagai bantuan jaring pengaman sosial diberikan baik oleh pemerintah pusat, provinsi, hingga pemerintahan kabupaten dan kota. Untuk mengantisipasi terjadinya tumpah tindih bantuan tersebut seluruh nama penerima bantuan akan terpampang di kantor desa atau kelurahan masing-masing.
     
Sekretaris/Sekda Pemerintah Kbupaten/Pemkab Brebes Djoko Gunawan, menyampaikan dipampangkannya nama nama penerima bantuan dilakukan sebagai transparasi kepada publik.
     
"Masyarakat juga diminta berperan aktif untuk memantau data tersebut sehingga bisa mencegah adanya penerimaan ganda," ujar Djoko di kantornya di Brebes, Jumat (8/5/2020).

Baca Juga: Ini 6 Poin Bansos Warga Terdampak Covid-19 yang Diteken Presiden
     
Djoko mengutarakan akibat terdampaknya warga akibat pandemi korona di Kabupaten Brebes ada 75% kepala keluarga/KK dari total jumlah KK yang ada yang akan menerima bantuan.
     
"Bantuan disalurkan melalui PKH, bantuan paket sembako dari Kemensos, bantuan sosial tunai Rp600.000 dan bantuan paket sembako dari provinsi, bantuan sosial dari kabupaten serta BLT yang diambil dari dana desa," terangnya.
     
Djoko menyebut ada 58.054 keluarga terdampak pandemi virus korona atau Covid-19 akan mendapat bantuan sosial tunai Rp600 ribu. Setiap keluarga akan dapat bantuan untuk tiga bulan ke depan.
     
"Jumlah keluarga di Brebes yang mendapat bantuan tunai sebanyak 58.054 KK. Mereka mendapat bantuan tunai dari Kemensos Rp600 per KK," kata Djoko yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas covid-19 Kabupaten Brebes.
     
Ia menjelaskan jumlah keluarga penerima tersebut merupakan keluarga yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial. Bantuan itu bisa dicairkan di kantor-kantor pos dan kantor bank yang ditunjuk.
     
"Para penerima bantuan itu mereka yang terdampak covid-19. Mereka akan menerima bantuan tunai selama 3 bulan, April, Mei dan Juni. Pembayaran yang dimulai hari ini untuk bulan April kemarin. Dan bantuan bulan Mei diberikan nanti pada akhir Mei. Untuk Juni di bulan Juni," ucap Djoko.
     
Menurut Djoko selain dari Kemensos, warga terdampak pandemi virus korona juga akan mendapat bantuan tunai dari desa masing-masing. "Penerima bantuan dari desa tersebut khusus bagi warga yang tidak mendapat bantuan dari Kemensos," pungkasnnya. (JI/OL-10)

BERITA TERKAIT