08 May 2020, 20:05 WIB

Jakarta Pertimbangkan Perpanjang PSBB ke Tahap III


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

WAKIL gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengungkapkan, pihaknya berencana memperpanjang lagi masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB tahap II yang kini berlangsung tersebut berakhir pada 22 Mei mendatang.

"Ya memang tentu akan kita diskusikan, kita bahas bersama dan kita akan rapatkan ya. Idealnya PSBB itu diterapkan ada pengurangan (penularan Covid-19)," ujar Riza saat siaran live di paltform instagram, Jakarta, Jumat (8/5).

Riza menyebut memang ada tren penurunan kasus covid-19 di Jakarta. Tapi, katanya, hal itu bukan berarti ibu kota sudah terbebas dari virus menular itu. Pertimbangan jumlah kasus jadi alasan untuk memperpanjang PSBB.

"Ini kan berakhir tadi tanggal 22 Mei ya, sementara Lebaran tanggal 24 Mei. Nanti jadi perdebatan, kalau kita hentikan di tanggal 22, tidak dilanjutkan lagi, dikhawatirkan nanti orang warga Jakarta bersorak-sorak, senang, takbiran," jelas Riza.

Baca juga : Lebih dari 80 ribu Orang Jalani Rapid Test di Jakarta, 4% Reaktif

Riza mengkhawatirkan, apabila tidak ada PSBB, warga bisa sesuka hati berkerumun atau berkumpul. Menyebabkan, penularan Covid-19 justru meningkat

Hari ini saja, total kasus positif Covid-19 di Jakarta sudah mencapai 4.901 kasus. Sebanyak 763 orang dinyatakan telah sembuh. Jumlah pasien meninggal sebanyak 431 orang.

"Nah, atas dasar itu kami sudah mempertimbangkan baiknya bagaimana, apakah berhenti atau dilanjutkan. Memang kami ada konsep, tapi nanti kami belum bisa sampaikan kepada publik. Tapi akan segera diputuskan," pungkas Riza. (OL-7)

BERITA TERKAIT