08 May 2020, 16:23 WIB

Citilink Batalkan Penerbangan Jakarta-Solo-Jakarta


Widjajadi | Nusantara

MASKAPAI Citilink membatalkan penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta (Cengkareng) Jakarta-Solo-Cengkareng.

"Hari ini ada satu maskapai, yakni Citilink, berencana penerbangan rute Cengkareng-Solo-Cengkareng, tapi dibatalkan," tukas Humas Bandara Adi Sumarmo Danar Dewi Purwokusumo kepada Media Indonesia di Solo, Jumat (8/5).

Baca juga: Pemudik Arah Solo Disuruh Balik ke Kota Rantau

Pembatalan jadwal penerbangan Citilink ini menurut dia, karena alasan operasional penerbangan, hingga tidak jadi dioperasionalkan.

Sejauh ini, lanjut Danar Dewi juga belum ada maskapai lain yang mengajukan jadwal penerbangan di PT Angkasa Pura I Bandara Adi Sumarmo hingga 1 Juni mendatang.

Baca juga: Hilang 3 Hari Nelayan Halmahera Utara Ditemukan Lemas

Hari ini, Bandara Adi Soemarmo Surakarta kembali membuka penerbangan menyusul pernyataan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait diperbolehkannya operasional moda transportasi umum.

"Bandara Adi Soemarmo kembali menyiapkan operasional bandara guna mengakomodasi penerbangan niaga berjadwal yang akan kembali beroperasi," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan seluruh moda transportasi diizinkan kembali beroperasi mulai Kamis (7/5) dengan pembatasan kriteria penumpang dan mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

"Kami menyambut baik dan mendukung arahan pemerintah. Kami akan siapkan posko pengamanan dan pemeriksaan yang berada di lobi keberangkatan," kata Abdullah.
 
Sementara itu untuk jam operasional bandara, kata dia, masih dari pukul 08.00-16.00 WIB.

"Kami juga tetap akan memperhatikan protokol kesehatan dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19," katanya. (X-15)

BERITA TERKAIT