08 May 2020, 15:38 WIB

4 Penumpang Positif Covid-19, MRT Perketat Protokol Kesehatan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PT MRT Jakarta semakin mengetatkan prosedur protokol kesehatan yang sudah diterapkan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu dilakukan setelah dari hasil rapid test massal terhadap penumpang MRT didapati empat penumpang reaktif dan dinyatakan positif Covid-19. Peningkatan protokol kesehatan itu di antaranya pembersihan rangkaian kerta MRT dengan cairan disinfektan sesudah kereta beroperasi.

"PT MRT Jakarta telah melakukan pembersihan lebih intensif pada keseluruhan enam rangkaian kereta Ratangga yang beroperasi pada 6 Mei. Telah dilakukan kegiatan fogging dan pembersihan permukaan interior dan eksterior kereta," kata Corporate Secretary Head Division PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin kepada Media Indonesia, Jumat (8/5).

Baca juga: Tiga Pelaku Pembunuhan Penjaga Posko Covid-19 Ditangkap

Protokol lainnnya yang tetap dilakukan yakni pemeriksaan suhu tubuh di tiap pintu masuk stasiun, penggunaan masker, dan penerapan physical distancingPhysical Distancing antar penumpang baik di dalam kereta maupun di peron adalah dengan membuat tanda agar masing-masing penumpang hanya berdiri atau duduk di area yang telah ditentukan.

"Penerapan physical distancing tetap kami tegaskan di setiap lokasi prasarana dan sarana MRT Jakarta," tegas Kamal.

Sebelumnya, Badan Intelijen Negara (BIN) melakukan rapid test massal di Stasiun Dukuh Atas pada 6 Mei lalu. Test yang dilakukan kepada 440 penumpang itu mendapati empat penumpang positif. Hari ini, BIN kembali melakukan rapid test massal kepada 500 penumpang di Stasiun Blok M. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT